Welcome Ramadhan, But I Miss Ramadhan When I was Child

ramadhan-cover

Marhaban Ya Ramadhan, I’ll not use English on this category because of it will GAK SERU when i’m not using NYLENEH words. πŸ˜€
Semua orang tahu lah Ramadhan paling di tunggu banyak orang. Khususnya bagi anak kost’an yang suka cari takjil (termasuk saya) hahaha.. πŸ˜€ . Tapi jujur, kami anak kost’an gak cari makanan gratis tapi yang penting kebersamaan (Alibi) πŸ˜› .

Kita juga tahu kalo’ Ramadhan itu setan-setan di kurung, nah tapi pas waktu gw kecil rada ragu gara-gara pernah liat tayangan horor (bukan film vampire cina) tapi semacam uji ny~l~ yang tayang pas Ramadhan, tapi sejak beberapa tahun ini udah gak tayang sih kaya’nya pas Ramadhan. Itu setan lolos kurungan atau gimana? tapi hemat saya (padahal boros kok ngomong hemat) setelah gw dewasa berpikir kalau sebenarnya arti dari kalimat itu lebih kepada umat muslim lagi berlomba-lomba dalam kebaikan (Fastabihul khairot), sehingga bisikan setan pun gak ada gunanya karena kalah dengan niat.

Nah pas gw kecil dulu, waktu Ramadhan biasanya pas abis liburan sekolah. Dulu sih pas presiden’nya Alm Pak Gusdur,Β  di bulan Ramadhan itu full libur, itu tuh enak banget tapi pas begitu abis lebaran gw di tanyain 1 + 1 jawabannya mikir sekitar 5 menit baru gw nemu jawabannya (dan itupun kadang salah karena gw jawabnya 3) gara-gara saking lama’nya gak pernah belajar.

Kalian inget yang paling berkesan pas Ramadhan waktu kecil, anak 90an pasti pada bilang mercon? Salah besar buat gw, gw trauma ama mercon gara-gara pas dulu gw pilek (lo tahu lah kalo’ pas kecil anak-anak males buang ingus, cuma di isep meler lagi trus di isep meler lagi – looping forever), nah abis gw nyalain tuh sumbu barengan pas gw lagi isep tuh ingus, alhasil bau mesiu (salah satu bahan mercon) masuk ke hidung gw dan gw jadi bengek sebengek-bengeknya. Sejak saat itu gw gak maen mercon lagi, pas gw kuliah baru berani maen mercon, itupun mercon kecil yang seribu dapet sebungkus.

Tapi gak kalah berkesan juga pas Ramadhan waktu kecil dulu, pas mo sahur atau abis teraweh gw ama temen-temen suka patroli kampung naek sepeda bonceng-boncengan atau sewa becak mini keliling kampung sambil sarung dilipet di muka macem ninja (mpe’ sekarang gw bingung kenapa di sebut patroli padahal penampilan malah mirip maling gara-gara pake’ sarung di bikin ninja). Dulu belum ada Naruto, jadi kita masih ikut-ikutan ninja asli, bukan ikut-ikutan Naruto. Jaman sekarang mungkin jarang anak-anak yang se-semangat jaman gw dulu, anak 90an itu emang paling kreatif dan inovatif. Mungkin kebanyakan anak sekarang disuruh sewa becak mini keliling kampung pada malu dan mereka lebih pilih maen IPAD di rumah daripada ngumpul ma temen-temen sebaya.

Selain muter kampung gak jelas, dulu waktu kecil ma temen-temen tuh sering rebutan adzan di masjid. Tapi sekarang gw malah di adzan’in ama handphone gw yang gw setting kalo’ jam sholat suka bunyi, sengaja sih karena di sini jarang denger Adzan (kangen denger Adzan).

Momen Ramadhan waktu kecil juga di pake’ buat nabung, kan kita gak mungkin jajan waktu siang tapi tetep aja minta duit sama emak πŸ˜€ (gak mau jatahnya terlewat begitu saja). Dan pas lebaran digabung tuh duitnya ama duit angpau dari keluarga besar, alhasil baru bisa beli barang yang dipengenin. Soalnya orang tua gw gak ngebiasain anaknya buat beli sesuatu tanpa usaha sendiri, jadi disuruh nabung sendiri buat beli barang tersier yang gw pengen.

Pas kecil gw suka teraweh ataupun pengajian di mesjid deket Alm. Kakek gw di daerah kraton. Di dalem benteng kraton Solo tuh tiap jam 10 malem udah pasti pintu yang segede gaban itu ditutup. Nah jadi jalannya bisa deh kita pake’ buat maen bola api (sok-sok’an biar kelihatan sangar padahal mpe’ dirumah kaki pada item-item). Gw jadi inget nih dosa gw mpe’ sekarang yang suka ngambil minyak tanah (dulu Kakek gw dagang kelontong) yang di jual Kakek gw buat rendam tuh batu bata yang di bentuk bulet sama temen sebaya gw (sebut saja penthol).

Sejak gw kuliah dan hijrah ke Bali, gw jd ngrasa kangen banget sama suasana Ramadhan itu. Sekarang yang dirasain cuma bangun sahur, kerja, buka puasa, teraweh, tidur – looping forever lagi. Gw pernah berharap kalo’ gw itu bisa kaya’ Nobita yang di datengin Doraemon dengan mesin waktu yang nanti bisa gw ajak flashback, tapi itu salah satu harapan paling konyol yg pernah ada di otak gw (harapan laen gw saat ini, gw cuma berharap bisa jadi Hokage kaya’ Naruto #GakNyambung) πŸ˜€ . Jadi satu-satunya cara buat flashback ya cuma nulis kenangan ini πŸ˜€ biar memori di otak gw tentang semua ini jadi segar kembali (kaya’ abis minum spr~te yang suka bilang segarkan harimu..). Saran gw sih, buat lu yang masih hidup bareng keluarga jangan lu sia-siain kebersamaan yang berharga banget itu. Kita gak tahu tahun-tahun kedepan bakal hidup dimana. Sekian sekelumit celotehan tentang ke-kangenan gw sama Ramadhan pas gw kecil πŸ˜€ .

FatkhanFauzi About FatkhanFauzi

A passionate software engineer who wants to share anything that he learns and some of his life experiences. Want to know more about him? see Fatkhan Fauzi Profile


2 Comments

  • Reply goesaric |

    gua suka gaya lho zy… mantap kenangan kecil sangat menyenangkan untuk dikenang

    • Reply FatkhanFauzi |

      Hahhaa iya kocak Gus waktu kecil mah..
      Ane banyakin deh nulis yg ginian, spertinya lebih banyak yg minat daripada ane nulis code.. πŸ˜€

So, what do you think ?

Leave a Reply

%d bloggers like this: